Tip Memilih Hosting dan Domain Sendiri

Terkadang kita begitu terobsesi dengan template yang ‘glamour.’ Hal ini ditambah dengan begitu banyaknya pilihan template/themes yang beraneka warna. Banyak yang lupa bahwa visitor tidak begitu peduli dengan glamornya template yang kita pakai. Orang masuk ke blog kita umumnya karena isinya yang menarik, orisinil dan unik.
Selain itu, kalau kita perhatikan, situs-situs bertraffic tinggi rata-rata berpenampilan sederhana. Lihat misalnya tiga situs bertraffic tertinggi di dunia: google.com, yahoo.com dan msn.com. Ketiganya memakai template minimalist: background putih, font tulisan warna hitam dan warna tulisan di menunya yang tidak menyolok. Google.com, situs no. 1 di dunia termasuk pelopor minimalist di mana cuma ada kotak search engine dan sedikit menu link di atasnya. Dulu, yahoo.com memiliki banyak link di halaman utama / frontpage-nya, tapi sekarang sudah ‘ketularan’ google. Intinya, the simpler the better. Saya sendiri males berkunjung untuk kedua kalinya pada sebuah blog yang terlalu ribet dan berat loadingnya karena kebanyakan script yang terpasang.

Oleh karena itu, memilih template harus mempertimbangkan poin-poin di atas: pilihlah template atau themes yang rapi, background warna yang sederhana, dan warna font artikel yang enak dibaca. Saya pribadi memilih themes black and white untuk www.fatihsyuhud.com. Pengunjung blog saya datang kebanyakan dari search engine. Mereka datang tentunya karena ingin membaca lebih lanjut artikel yang mereka cari. Saya tidak ingin mengganggu mata mereka dengan warna-warna yang “menyilaukan”.

Selain itu, tak kalah pentingnya adalah “kerapian blog.” Blog yang rapi artinya: (a) sidebar tidak melorot; (b) font artikel cukup satu warna dan satu macam; (c) blogroll atau banner terpasang rapi dan tertata; (d) cocok dibuka dengan berbagai browser, terutama IE dan firefox.

Bagaimana dg Anda? Apakah Anda suka blog rapi atau yang “rame?”

Tips bagi Blogger Baru:

1. Bagi pengguna wordpress.com, untuk ganti template / theme / tema, setelah login anda tinggal (a) klik “Tampilan” atau “Presentation” (b) Akan langsung tampak deretan template di bawahnya; (c) klik template / theme /tema yang Anda suka.

2. Bagi pengguna blogger.com / blogspot, walaupun template asli (default) blogspot tidak ada yang bagus, tapi kita dapat kesempatan luas untuk memilih template bikian desainer template. Lihat daftar desain template dan cara meng-upload-nya di sini.

Hasil CoPas dari :http://afatih.wordpress.com/

Jika artikel diatas bermanfaat bagi anda, jangan lupa menulis komentarnya dan berlangganan subscribing to the RSS feed. TERIMA KASIH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *