Pentingnya backup data

backup data

Pernah kehilangan data-data penting? Pasti sedih, kesal, marah, galau dan lain-lain. Seperti itulah yang terjadi pada saya beberapa minggu yang lalu. Tidak tahu permasalahannya apa, beberapa waktu yang lalu postingan di blog ini banyak yang hilang. Padahal belum sempat untuk membuat backupnya.Alhasil mau tidak mau harus menulis posting lagi dari awal.Itulah betapa pentingnya backup data.

Bagi sebagian orang membackup data adalah pekerjaan yang kurang menarik dan mungkin malah membosankan. Seringkali kita menganggap remeh untuk melakukan backup karena lupa, belum punya waktu dan merasa bahwa data yang ada akan baik-baik saja. Padahal kehilangan data penting itu adalah ibarat terkena musibah, datangnya bisa kapan saja. Bentuk kehilangan data bisa karena media tempat penyimpanan data itu rusak, terbakar, terkena virus atau karena media tempat penyimpanan data itu hilang, dicuri orang dll.

Untuk itu senentiasa rajin melakukan backup data (walau kadang membosankan) baik itu data-data offline di komputer, flashdisk, memori card atau media penyimpanan lainnya dan juga data-data online seperti database website/blog, theme, template dll, memiliki arti yang sangat penting ketika data utama rusak, hilang dll.

Media Penyimpanan Backup Data

Media penyimpanan backup data yang paling simpel dan sederhana adalah flashdisk, memori card, CD/DVD, hardisk external atau data cadangan disimpan di komputer lain. Untuk versi online kita bisa menyimpannya di server tempat penyimpanan layanan data seperti Cloud Service Dropbox (jika sudah menginstall aplikasi ini kita bisa selalu mensinkronkan semua data-data di laptop dengan data yang ada di server Dropbox, Visual SVN Server, atau media penyimpanan di internet seperti 4shared dan lain sebagainya.

Atau kita bisa juga memanfaatkan layanan tempat penyimpanan data dari Google yaituGoogle Drive. Dengan Google Drive kita bisa  membuat, berbagi, dan menyimpan semua file di satu tempat, setelah itu anda bisa mengakses dokumen dari mana saja, di rumah, di kantor, saat menjalankan tugas, dan dari semua perangkat anda. Kapasitas yang diberikan adalah 5 GB (gratis). Khusus untuk pengguna wordpress dengan hosting sendiri, dengan Google Drive anda juga bisa memanfaatkannya untuk tempat penyimpanan hasil backup database WordPress anda secara otomatis. Penyimpanan backup database wordpress bisa disetting harian atau bulanan. Caranya : kita harus menginstall plugin Google Drive for WordPress

Untuk backup data kontak, email dan agenda (kalender) kita bisa memanfaatkan layanan Google Sync (Backup Gratis Nomor Ponsel Dengan Google Sync). Dengan fasilitas sinkronisasi, maka daftar kontak yang ada di phonebook ponsel/tablet akan dicopikan ke dalam daftar kontak Gmail. Sebaliknya data kontak yang ada di Gmail juga akan dicopikan ke dalam ponsel Anda. Ketika ponsel kita rusak/hilang maka tinggal kita setting akun gmail kita dan otomatis akan menyalin hasil backup data kontak/agenda dari Gmail ke ponsel kita.

Beberapa catra diatas semoga bisa bermanfaat bagi adnda dan  bisa memberi pengertian bagi anda betapa pentingya backup data.

Jika artikel diatas bermanfaat bagi anda, jangan lupa menulis komentarnya dan berlangganan subscribing to the RSS feed. TERIMA KASIH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 + = fifteen